Dahsyatnya Rahasia dan keutamaan Sholat Dhuha

 
Rasulullah SAW bersabda :
"Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana disurga" (H.R. Tarmiji dan Abu Majah).

Sabda Rasulullah SAW. yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah melalui Imam Thabrani:
"Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut pintu Dhuha. Kelak di hari kiamat para penikmat dhuha akan dilindungi secara khusus. dikatakan kepada mereka, inilah pintu masuk kalian . Masuklah dengan rahmat-Ku.

Rahasia dan keutamaan Sholat Dhuha
1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia
    Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda
  • "Di setiap sendi diri seseorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laiilahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala" (HR Muslim)
2. Ghanimah (keuntungan) yang besar
    Dari Abdullah bin Amr bin 'Ash radhiyalllahu 'anhuma, ia berkata:
  • "Rasulullah SAW. mengirim sebuah pasukan perang. Nabi SAW berkata: "Perolehlah keuntungan (Ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu  Rasulullah SAW bersabda "Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyka ghanimah (keuntungan) nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab; "Ya! Rasul berkata lagi: "Barang siapa yang berwudhu; kemudian masuk ke dalam masjid untuk malakukan sholat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghonimahnya dan lebih cepat kembalinya."(shahih al-Trghib: 666)
3. Sebuah rumah di surga
    Sebagamana Nabi Muhammad SAW bersabda:
  • "Barangsiapa yang sholat Dhuha sebanyak empat rakaat! dan empat rakaat sebelumna, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga." (Shahih al-Jami:634)
4. Memperoleh ganjaran di sore hari
    Dari abu Darda' ra, bahwa Rasulullah SAW berkata :
  • "Allah ta'ala berkata : "Wahai anak Adam, sholatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjara) pada sore harinya" (Shahih al-Jami : 4339)
5. Ampunan Dosa
  • "Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lauta." (HR. Tirmidzi)
Rasulullah Saw dari Hadits Abud Darda Radhiyallahu ‘anhu, berikut :
SHALAT DHUHA 2 RAKAAT :  “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. 
SHALAT DHUHA 4 RAKAAT : “Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. 
SHALAT DHUHA 6 RAKAAT : “Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. 
SHALAT DHUHA 8 RAKAAT : “Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. 
SHALAT DHUHA 12 RAKAAT: “Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga.

Silahkan komentar dengan bijak dan sopan, salam silaturahmi